SOAL JAWAB P2TL & DINAS JAGA ANT IV
1. Hal-hal apakah yang harus diperhatikan
untuk tugas jaga mesin di dalam kondisi dan daerah-daerah yang berbeda-beda
seperti tersebut di bawah ini :
a.
Jarak
tampak batas : Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa tekanan
udara permanen atau tekanan uap selalu tersedia untuk keperluan semboyan bunyi,
dan bahwa perinta-perintah yang dating dari anjungan yang berkaitan dengan
perubahan kecepatan mesin selalu dilaksanakan secepatnya. Selain itu juga,
motor Bantu yang digunakan untuk olah gerak selalu siap.
b.
Perairan
dekat pantai : Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa seluruh
permesinan yang terlibat dalam pelaksanaan olah gerak dapat secepatnya
dipindahkan kepengoperasian manual jika diberi tahu bahwa kapal berada
dipelabuhan padat lalu lintas. Dan harus menjamin bahwa cadangan tenga yang
cukup telah siap untuk keperluan olah gerak atau keperluan kemudi. Kemudi
darurat dan peralatan Bantu lain harus siap untuk pegoperasian mendadak.
c.
Perairan
yang padat = perairan dekat pantai
d.
Kapal berlabuh
jangkar :
jika kapal berlabuh jangkar
diperairan terbuka, perwira jaga mesin harus menjamin bahwa :
a. Suatu tugas jaga mesin yang efesien selalu dilaksanakan.
b. Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin
penggerak dan mesin cadangan.
c. Mesin induk dan motor Bantu dijaga tetapi siap siaga sesuai dengan perintah
dari anjungan.
d. Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut oleh kapal terus dilakukan,
dan bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu di -patuhi.
e. Semua sistem pengen-dalian kebakaran dan pemadaman selalu siap
2. A. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “ keadaan darurat “
Jawab : adalah Keadaan yang lain dari
keadaan normal yang mempunyai kecenderungan atau potensi tingkat yang
membahayakan baik bagi keselamatan manusia, harta benda maupun lingkungan
B.
Dalam keadaan darurat awak kapal bertindak pengupayaan penyelamatan kapal
secara umum tanpa mengabaikan keselamatan diri, hal-hal apa saja yang wajib
diketahui setiap awak kapal, jelaskan !
Jawab :
Hal-hal yang wajib diketahui awak kapal
adalah
·
penyelamatan diri (escape routes),
Di kapal lintas-lintas penyelamatan diri secara darurat atau escape
router dapat ditemui pada tempat-tempat tertentu seperti:
1) Kamar mesin
Adanya lintas darurat menuju ke geladak kapal melalui terowongan poros baling-baling yang sepanjang lintasan tersebut didahului oleh tulisan "Emergency Exit" dan disusul dengan tanda panah atau simbol orang berlari.
2) Ruang akomodasi
Pada ruangan akomodasi, khususnya pada ruangan rekreasi ataupun ruangan makan awak kapal atau daerah tempat berkumpulnya awak kapal dalam ruangan tertentu selalu dilengkapi dengan pintu darurat atau jendela darurat yang bertuliskan "Emergency Exit".
1) Kamar mesin
Adanya lintas darurat menuju ke geladak kapal melalui terowongan poros baling-baling yang sepanjang lintasan tersebut didahului oleh tulisan "Emergency Exit" dan disusul dengan tanda panah atau simbol orang berlari.
2) Ruang akomodasi
Pada ruangan akomodasi, khususnya pada ruangan rekreasi ataupun ruangan makan awak kapal atau daerah tempat berkumpulnya awak kapal dalam ruangan tertentu selalu dilengkapi dengan pintu darurat atau jendela darurat yang bertuliskan "Emergency Exit".
·
komunikasi di dalam kapal itu sendiri dan sistem
alarm : Dalam keadaan darurat sangatlah diperlukan komunikasi dan sistem alarm
yang efisien. Untuk itu digunakan sebagai komunikasi darurat dalam meninggalkan
kapal adalah isyarat bunyi (suara) dari lonceng atau sirine atau juga dapat
dengan mulut. Sebagai isyarat yang digunakannya adalah tujuh bunyi pendek atau
lebih disusul dengan satu bunyi panjang dari suling/sirine atau bell listrik.
3. A. Jelaskan prosedur serah terima tugas
jaga !
Jawab : .
·
Perwira Jaga yang menggantikan harus melakukan
pemeriksaan keliling di sekitar akomodasi
·
Periksa keadaan deck, sistem deteksi kebakaran, SPD
dan PK, akomodasi dan bukaan kedap air
·
Baca dan tanda tangani Perintah Tetap Nakhoda
B.
Hal-hal apa saja yang dilaporkan dalam journal jaga pada saat serah terima jaga
tersebut ?
Jawab :
a.
permesinan yg telah beroperasi
b. permesinan/peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.
c. Perubahan jenis pengoperasian (otomatis menjadi manual atau sebaliknya)
d. Kelainan yg teramati.
e. Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.
f. Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.
g. Dll.
b. permesinan/peralatan yg sedang diperbaiki atau tidak berfungsi.
c. Perubahan jenis pengoperasian (otomatis menjadi manual atau sebaliknya)
d. Kelainan yg teramati.
e. Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.
f. Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.
g. Dll.
4. Jelaskan tugas dan tanggung jawab seorang
perwira di kamar mesin !
a.
Perwira
tugas jaga mesin harus harus menjamin bahwa pengaturan tugas jaga yg telah
ditetapkan diper-tahankan.
b.
Bertanggung
jawab atas pengoperasian kamar mesin meskipun ada KKM.
c.
Setiap
mesin yg tidak berfungsi dgn baik, yg diperkirakan akan tidak berfungsi atau
memerlukan service khusus.
d.
Harus
selalu siap untuk mengoperasikan peralatan dikamar mesin untuk dapat segerah melakukan
peru-bahan haluan dan kecepatan.
e.
Setiap
perintah dari anjungan harus segerah dilaksanakan.
f.
Dll.
5. A. Jelaskan prosedur tugas jaga di
pelabuhan !
Jawab :
Pada umumnya tugas jaga pelabuhan dilaksanakan sesuai
kesepakatan perwira kapal yang intinya harus ada salah satu perwira dek dan
mesin. Serta anak buahnya yang sewaktu2 siap/mampu untuk melaksanakan olah
gerak kapal bila di perlukan.
B.
Hal-hal apa saja yang diperhatikan pada saat melaksanakan tugas jaga pelabuhan
?
Jawab :
1.kegiatan yang dilaksanakan bongkar muat,
perbaikan, bunker, isi FW, permakan dll.
2.pemimpin bagian masing2; mualim jaga dan masinis jaga.
3.permesinan alat/apa yang beroperasi dan bila tanpa kegiatan permesinan apa yang sedang beroperasi atau yang di perbaiki serta bagaimana kondisinya.
4.mengerti pengoperasian permesinan pada saat tugas jaga termasuk dalam keadaan darurat.
5.mengetahui letak sarana penghubung/tngga/gang away,room door bila sandar( tangga monyet bila labuh jangkar)
6.pengamatan periodic tetap dilaksanakn dan dilaporkan dalam jurnal jaga.
7.pintu2 akses yang menujun tempat terbatas dan saran peringatan
8.segera matikan dan amamnkan permesinan yang tidak digunakan lagi
9.amati lingkungan perairan, apakah ada pencemaran minyak dan bila ada lakukan pencegahan secara memadai.
2.pemimpin bagian masing2; mualim jaga dan masinis jaga.
3.permesinan alat/apa yang beroperasi dan bila tanpa kegiatan permesinan apa yang sedang beroperasi atau yang di perbaiki serta bagaimana kondisinya.
4.mengerti pengoperasian permesinan pada saat tugas jaga termasuk dalam keadaan darurat.
5.mengetahui letak sarana penghubung/tngga/gang away,room door bila sandar( tangga monyet bila labuh jangkar)
6.pengamatan periodic tetap dilaksanakn dan dilaporkan dalam jurnal jaga.
7.pintu2 akses yang menujun tempat terbatas dan saran peringatan
8.segera matikan dan amamnkan permesinan yang tidak digunakan lagi
9.amati lingkungan perairan, apakah ada pencemaran minyak dan bila ada lakukan pencegahan secara memadai.
makasih u/ materinya
ReplyDelete