SOAL JAWAB PENANGANAN &
PENGATURAN MUATAN ANT IV
1. Sebuah kapal memiliki ruang muat yang
kapasitasnya sebagai berikut :
PALKA
I = 820 cbm
PALKA
II = 1140 cbm
PALKA
III = 1260 cbm
Akan
memuat pupuk SF = 1,6 , dengan broken strowage diperhitungkan 5 %.
Hitung
: berat muatan pupuk seluruhnya yang dapat dimuat !
Jawab :
Dik : V
I = 820 cbm SF = 1.6
V
II = 1140 cbm BS = 5 %
V
III = 1260 cbm
Dit : T
= ....?
Peny : T
I = v x (1 - BS ) / SF T III
= v x ( 1-5% ) / SF
= 820 x ( 1-5% ) / 1,6 = 1260
x ( 1 – 5% )
= 820 x 0,85 / 1,6 = 1260 x0,85 / 1,6
= 435,625 ton = 669,375 ton
T II = v
x (1- BS ) / SF
= 1140 x ( 1 – 5% ) / 1,6
= 1140 x 0,85 / 1,6
T total
= T I + T II + T III
=
435,625 + 605,625 + 669,375
=
1710,625 ton
2. Terangkan artinya istilah muatan berikut
ini
a.
Dangerous
Cargo : Muatan yang mengandung resiko terhadap keselamatan jiwa manusia,
kapal dan muatan lainnya.
b.
Heavy
lift Cargo : atau muatan berat yaitu muatan yang beratnya melebihi
kemampuan daya angkat boom / derrick kapal.
c.
Ad
Valorem Cargo : Muatan berharga /
bernilai tinggi
3. Jelaskan artinya label pada muatan berikut
ini :
a.
Muatan / barang mudah pecah
b.
Sisi menghadap sebelah atas
c.
Muatan tidak boleh basah / simpan di tempat
kering
4. Sebutkan data-data yang terdapat di dalam
gambar-gambar
a. Deadweight Scales
Jawab : Sebuah diagram yang dipergunakan untuk mencari displacement, DWT,
TPC dan lainnya pada draft saat itu.
b. Capacity Plan
Jawab : bagian kapal yang berisi data-data tentang kapasitas ruang muat,
daya angkut, ukuran palka dan tangki, deadweight scale, free board, letak titik
berat palka/tangki.
5. Sebagai Mualim jaga waktu kegiatan muat
bongkar di pelabuhan, terjadi ada muatan yang pecah atau rusak
a. Apakah tindakan anda ?
Mualim kapal harus membuat catatan khusus pada resi mualim, atau dapat
juga dibuatkan cargo damage report.
b. Jelaskan kaitannya dengan Resi Mualim (
Mate’s Receipt )
Ada kaitannya, karena resi mualim adalah suatu tanda terima
oleh pihak kapal yang diberikan kepada pemuat muata dan Isi Resi ini menjadi dasar acuan pembuatan
konosemen atau Bill of Lading ( B/L).
Ket : Mohon dikoreksi kalau ada jawaban yang salah.. Karena jawaban ini berdasarkan kemampuan saya sendiri.. by http://ariatmancool.blogspot.com/
0 komentar:
Post a Comment