Thursday, October 4, 2012

Fakta Unik Semut


Tag : fakta unik semut, jenis-jenis semut, keunikan semut, keunikan semut, luar biasa, menakjubkan,
 Bagaiman semut tidur ?

Pernah anda melihat semut sedang tidur ? semut tidur dengan berbaring di atas kedua sisi badannya, sementara kedua betisnya saling berdekatan dan ditekuk supaya menyentuh badannya. Kemudian, ketika bangun semut ternyata juga menguap sebagaimana manusia menguap.


·         Semut punya status sosial

Kehidupan semut sangat menakjubkan, karena mengenal status sosial. Dalam suatu kerajaan semut ada suatu tata pemerintahan. Semut ini mempunya raja, pemerintah, bahkan para panglima perang. Tempat tinggal merekapun dibeda-bedakan sesuai dengan status sosialnya. Sementara itu, bagian sarang semut yang tersisa ditempati oleh rakyat-rakyatnya, semut-semut yang berprofesi sebagai pekerja.

·         Cara semut berkomunikasi

Semut juga mempunyai bahasa yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi satu dengan yang lainnya. Dengan bahasa ini seekor semut dapat mengetahui tugas yang harus dia emban. Di samping itu, bahasa juga memudahkan komunikasi semut dalam membagi tugas team-work dan membantu mereka dalam menegakkan sistem sosial yang mereka bangun.

Para ahli biologi berpendapat bahwa seekor semut beerdialog dengan semut yang lainnya melalui ciuman yang sering mereka lakukan. Mulut semut tersebut memuat bahan kimia tertentu yang kadang ketika berbicara sering dibarengi unsur senda gurau. Sebagai ganti dari huruf-huruf yang dieja ciuman yang mereka lakukan sejatinya mengandung rasa yang beraneka ragam.

Semut ternyata juga mempunyai akal yang digunakan untuk mengatur hidupnya. Semut menyimpan energinya ketika musim panas sebagai cadangan makanan ketika musim dingin tiba. Sungguh , sebuah dunia yang sangat mengagumkan.

Diantara keistimewaan smut adalah ia dapat menghasilkan alkohol dalam tubuhnya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan suhu panas badan dengan suhu udara musim dingin.

·         Semut Insinyur

Walaupun secara kasat mata semut adalah jenis serangga yang kecil dan ukuran badan tidak lebih dari satu millimeter, namun semut adalah insinyur bangunan yang mahir. Semut menguasai teknologi, dapat saling bekerja sama, mempunyai strategi militer , jaringan komunikasi yang canggih dan kedisiplinan, maka tak heran jika komunitas semut dapat membangun tempat tinggal, benteng-benteng untuk berlindung, kamar-kamar tidur, serta barak militer di bawah tanah. 

Ada juga jenis semut yang menguasai teknik kimia. Semua semut jenis ini ahli dalam mengunyah atau memamah kayu kemudian mengubah hasil kunyahnya menjadi bahan karton. Selanjutnya, bahan karton ini akan disusun menjadi bangunan yang sarat dengan arsitektur menakjubkan.

·         Semut  petani

Ada jenis semut yang menguasai teknik pertanian. Jenis semut ini menanam tumbuhan penghasil makanannya. Dia memupuknya dengan dedaunan yang telah membusuk. Semut ini memanennya, ketika tanaman tersebut sudah masak kemudian dibantu oleh teman-temannya semut memasukkan hasil panenan ini ke lumbung makanan.

·         Semut afrika

Sedangkan jenis lain dari semut adalah semut afrika. Semut Afrika mendessain rumah-rumahnya dari tanah seperti tugu obelik. Rumah mereka dilengkapi dengan pengaturan suhu udara. Lubang-lubang  itu terbuka berfungsi sebagai jendela. Lubang di bawah rumah berfungsi untuk memasukkan suhu udara dingin, sementara lubang di atas berfungsi untuk mengeluarkan udara panas.

·         Semut Pembunuh

Di samping beberapa jenis semut di atas, terdapat jenis semut pemusnah, yaitu semut yang selalu memerangi semut-semut lain di dalam komunitasnya. Semut jenis ini dapat dikategorikan sebagai bangsa Tartar-nya kerajaan semut. 

Semut jenis ini akan melibas semut lain yang berusaha menghalangi jalannya. Setelah membunuh para “garda kerajaan” yang menjaga lumbung makanan, maka semut ini menguasai cadangan bahan makanan yang tersedia, memindahkan telur-telur yang ada ke rumah mereka sampai telur-telur ini menetas. Ketika semut-semut kecil tersebut lahir, mereka menjadikannya pelayan dan pekerja kerajaan.

·         Semut padang rumput

Adalagi jenis semut lain, yaitu semut yang mendiami padang rumput. Di padang rumput tersebut semut jenis ini menunggu beberapa serangga yang melakukan sekresi, hasil sekresi serangga berupa cairan manis ini menjadi santapan semut.

sumber : Buksumber : 275+++ fakta paling menakjubkan di dunia oleh M. Kamil Abdush-Shamad

Reaksi:

1 komentar: