Monday, March 16, 2015

Pergunakan masa-masa kuliahmu sebaik-baiknya


  Perkuliahan adalah salah satu jenjang pendidikan dimana kita akan tumbuh lebih dewasa dan mandiri. Selama proses perkuliahan, Mahasiswa (peserta didik) akan lebih aktif dibandingkan dengan dosen (pengajar)



   Nahh... Dari sinilah kita harus betul-betul atau serius mempergunakan waktu kuliah dengan banyak membaca buku dan mencari berbagai macam referensi mengenai mata kuliah/ mata pelajaran yang diajarkan oleh dosen.

   Jangan lupa selalu aktif bertanya jika ada hal-hal yang kurang atau tidak dimengerti. Jangan malu untuk bertanya karena bisajadi ilmu yang anda peroleh akan jauh tertinggal dari teman-teman anda yang sudah mengerti.

   Fokus dan pahami isi dari setiap materi perkuliahan. Jangan pernah berfikir untuk mendapatkan nilai tinggi dengan melakukan berbagai cara yang tidak baik seperti menyontek saat ujian nantinya. Di dunia perkuliahan sangat berbeda dengan masa-masa SMA/SMK dulu. Di tempat kuliah inilah kita akan mengasah ilmu/skill kita agar kelak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan.

   Di dunia kerja, kita akan bersaing dengan berbagai lulusan universitas lainnya. Tanpa skill, kita akan sulit mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, gunakanlah sebaiknya masa-masa kuliah anda. Jangan sampai nnti kalian akan menyesal. Karena waktu tak akan bisa kembali lagi.

Saya punya beberapa tips agar anda tidak seperti saya, lama nganggur dan sulit mendapatkan pekerjaan.
  • Seperti yang saya katakan sebelumnya, Fokus dan pahami materi setiap mata kuliah. jangan ragu bertanya jika anda tidak mengerti.
  • Rajin-rajinlah membaca buku dan mencari berbagai sumber referensi setiap materi perkuliahan.
  • Jangan kejar nilai, tapi kejar ilmunya. khususnya anak teknik, ilmu saat praktek lebih didalami dan pahami sedetail-detail mungkin.
  • Usahakan aktif dalam berorganisasi, tapi jangan cari yang bisa mengganggu perkuliahan anda. Dengan berorganisasi anda bisa melatih cara anda berkomunikasi sehingga kalian tidak akan gugup lagi ketika berinteraksi dengan banyak orang saat anda kerja nantinya.
  • Cari judul skripsi yang berbobot dan lokasi penelitian yang berkaitan dengan dunia kerja nanntinya, Karena biasanya lokasi penelitian anda akan memanggil anda untuk bekerja ditempatnya jika hasilnya bagus.
  • Jangan lupa selalu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta agar setiap urusan maupun harapan kita bisa terpenuhi. Jangan sampai nanti terkena kendala atau musibah baru mau beribadah dan mengeluh dengan cobaaNya
Saya rasa itu sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat.

" Mending lama selesai kuliah tapi ilmu yang didapat banyak dan punya skill dari pada cepat selesai kuliah tapi tak punya skill dan lama pula nganggur" tapi "lebih cepat lebih baik dan punya skill"

SUKSEL SELALU...
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment