Saturday, December 8, 2012

Contoh Laporan KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) - PPL


Berikut ini adalah Contoh Laporan KKN-PPL Terpadu.. Dimana KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) digabung dengan PPL ( Program Pengalaman Lapangan ). Pada Postingan Kali ini, saya hanya menampilkan sebagian kecil dari data-data Laporan KKN-PPL tersebut. Berhubung isinya terlalu banyak, jadi saya alihkan yang lebih lengkap pada situs/link scribd.com. Untuk melihat linknya, ada pada di bawah postingan ini..



 BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perguruan Tinggi mempunyai peran dan andil yang sangat dominan dalam pengembangan masyarakat di sekitarnya. Dari Tri Dharma Perguruan Tinggi mempunyai tugas sebagai lembaga pengajaran penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara bersamaan. Peran tersebut sekaligus berupa pengembangan di Bidang Pendidikan Universitas Negeri Makassar  sebagai Perguruan Tinggi di Makassar, setiap tahun menurunkan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat, terutama di pedesaan. Di samping itu sebagai pengembang dibidang pendidikan, Universitas Negeri Makassar merupakan perguruan tinggi pencetak calon-calon pendidik. Mengingat bahwa guru/pendidik memegang peranan penting dalam memajukan pendidikan bangsa maka kelak diperlukan guru/pendidik yang mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan anak didik sehingga mampu mengahasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang mampu bersaing secara global. Untuk itu Universitas Negeri Makassar merancang dan melaksanakan program KKN-PPL Terpadu Angkatan III ini. Dimana dalam program tersebut mahasiswa dituntut untuk melaksanakan dua program bersamaan yaitu program KKN dan program PPL secara terpadu.
Keberadaan program KKN-PPL Terpadu ini sepatutnya perlu mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah dan masyarakat. Program yang telah terlaksana pada angkatan I dan II kemudian sekarang pada angkatan III ini mewajibakan mahasiswa untuk melaksanakan KKN di lingkungan masyarakat dan sekolah serta kegiatan PPL di lingkungan sekolah. Kegiatan KKN di pedesaan maupun perkotaan diharapkan dapat mendorong berkembangnya swadaya masyarakat, karena pembangunan masyarakat perlu ditingkatkan, terutama melalui perkembangan kemampuan sumber daya masyarakat.  Sedangkan kegiatan PPL yang merupakan bagian intra kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru atau tenaga kependidikan yang mencakup baik latihan mengajar maupaun kegiatan mengajar lainnya, secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan pembentukan profesi keguruan. Sehinnga melalui pelaksannan kedua kegiatan tersebut secara terpadu diharapkan dapat melahirkan guru/pendidik yang berkualitas dan profesional serta dapat mempercepat masa study mahasiswa.             Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu program yang mempersyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Kegiatan-kegiatan itu diselenggarakan dalam bentuk pelatihan terbatas, pelatihan terbimbing, dan pelatihan mandiri yang diarahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan, yang terjadwal secara sistematis di bawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong yang memenuhi syarat. Guru dalam mutu keprofesionalannya tidak hanya dituntut untuk mampu menangani masalah anak didik yang bersifat intelektual tetapi juga menangani masalah psikologis aerta kemampuan adaptasi dalam lingkungan sekolah dan masyarakat yang kemudian kesemua hal tersebut dapat dilakukan melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Program KKN-PPL Terpadu adalah titik kulminasi dari seluruh progam-program pendidikan yang harus dialami oleh mahasiswa selama mengikuti proses perkuliahan di Universitas Negeri Makassar. Oleh karena itu program KKN-PPL Terpadu dapat diartikan sebagai salah satu program yang meupakan ajang pelatihan dan pemantapan kemampuan mengajar untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang profesional. Program KKN-PPL Terpadu merupakan program yang mempersyaratkan kemampuan aplikasi terpadu dari seluruh pengalaman mengajar sebelumnya ke dalam perogram pemantapan berupa kinerja dalam segala hal yang berkaitan dengan tugas keguruan, baik tugas mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. 

 LIHAT SELENGKAPNYA : LAPORAN KKN (KLIK) 


KETERANGAN :
Untuk Mendownload Laporan Lengkapnya :
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.. Supaya saya bisa ENABLE downloadnya.. Makasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan e-mail atau id anda.. agar saya bisa memberika informasi kalau file downloadnya sudah di enable.. karena biasanya saya tidak online.. File downloadnya hanya berlaku 1x24 jam..
Reaksi:

18 komentar: