Thursday, September 13, 2012

Keunikan Tenunan Laba-laba

 Tag : Fakta unik, berita unik di dunia, menakjubka, fakta unik laba-laba, keunikan laba-laba, kelebihan laba-laba, spider,

TAU GAK SIH.. KALAU TENUNAN LABA-LABA ITU SERUPA SUTRA SEKUAT BAJA..??

     Bahan lengket yang dikeluarkan laba-laba untuk membangun jaring-jaring rumahnya dapat digunakan sebagai bahan tenunan sama seperti yang dihasilkan oleh Ulat Sutra. Satu ritlh tenunan dihasilkan oleh sekitar 28.000 laba-laba. Beberapa waktu yang lalu, beberapa pabrik tekstil di Amerika mengolah bahan lekat laba-laba ini menjadi kaos kaki siap pakai. Akan tetapi, tentunya usaha ini tidak berlangsung lama, karena mengumpulkan sekian banyak laba-laba di tempat dan waktu yang sama adalah pekerjaan yang teramat sulit. Salah satu penyebabnya adalah pertikaian di antara sesama laba-laba. Ketika berkumpul, species ini sering bertikai satu dengan yang lainnya.

    Sementara itu, hanya jenis laba-laba betina saja yang menghasilkan benang-benang sebagai bahan tenunan. Laba-laba betina ini akan kurang produksinya, ketika berada di bawah tekanan atau tertahan di komunitasnya.

    Perlu diketahui bahwa ukuran laba-laba betina lebih besar dari pejantannya. Seekor laba-laba betina dapat bertelur hingga ratusan kali. Setelah terjadi pembuahan, laba-laba betina kadang akan memakan pejantan yang selesai menjalankan tugasnya. Ketika itu pejantan tersebut tidak mampu melarikan diri dari laba-laba betina yang lebih besar. Sungguh malang nasih si laba-laba jantan.. karena dia-lah yang telah membuat laba-laba betina menari mengikuti alunan lagu.


    Sesungguhnya, jika kita mampu membuat tambang dari jaring laba-laba yang panjang atau tebalnya satu bushah, niscaya tambang ini akan mampu mengangkat beban lebih dari 74 ton. Atau dengan kata lain, jaring ini lebih kuat dari baja atau besi dengan panjang dan tebal yang sama.

Sumber : Buku 275++ Fakta Paling Menakjubkan di Dunia
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment