Sunday, May 19, 2013

Membangun Aplikasi E-COMMERCE dengan PHP MYSQL Menggunakan CODEIGNITER dan JQUERY

Kali ini saya akan memposting Materi TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan ) yang berjudul Membangun Aplikasi E-COMMERCE dengan PHP MYSQL Menggunakan CODEIGNITER dan JQUERY. Pada postingan ini, saya hanya menampilkan sebagian kecil dari data-data tugas tersebut. Untuk lengkapnya saya sudah upload di situs scribd.com. Linknya ada di bawah Postingan ini.


BAB I
INSTALASI DAN DASAR PHP

 A.  Konsep Apache, PHP, MySQL

1.    Apache
Apache sudah berkembang sejak versi pertamanya.Untuk pembuatan aplikasi ini, Saya menggunakanApache versi 2.5.8.Apache bersifat open source, artinya setiap orang boleh menggunakannya, mengambil dan bahkan mengubah kode programnya.

Tugas utama apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada peminta, berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

2.    PHP
Bahasa pemrograman PHP (PHP Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang bekerja dalam sebuah webserver.Script-script PHP dibuat harus tersimpan dalam sebuah server dan dieksekusi atau diproses dalam server tersebut. Dengan menggunakan PHP, sebuah website akan lebih interaktif dan dinamis.

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki program PHP, sebagai berikut:
·                     >  PHP bersifat free atau gratis.
·                > Beberapa server seperti Apache, Microsoft IIS, PWS, AOLserver, phttpd, fhttpd, dan Xitami mampu menjalankan PHP.
·                    >Tingkat akses PHP lebih cepat serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi.
·               >Beberapa database yang sudah ada, baik yang bersifat free/gratis ataupun komersial sangat mendukung akses PHP, di antaranya MySQL, PosgreSQL, mSQL, Informix, dan MicrosoftSQL server.
·               > PHP mampu berjalan di Linux sebagai platform system operasi utama bagi PHP, tetapi dapat juga berjalan di FreeBSD, Unix, Solaris, Windows, dan yang lainnya.

3.    MySQL
Penyimpanan data yang fleksibe dan cepat aksesnya sangat dibutuhkan dalam sebuah website yang interaktif dan dinamis.Database sendiri berfungsi sebagai penampung data yang Anda inputkan melalui form website.Selain itu juga di balik dengan menampilkan data yang tersimpan dalam database ke dalam halaman website. Jenis database yang sangat popular adan digunakan pada banyak website di internet sebagai bank data adalah MySQL. MySQL menggunakan SQL dan bersifat gratis, selain itu MySQL dapat berjalan di berbagai platform, antara lain Linux, Windows, dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika Anda memberikan fasilitas kepada pengunjung website untuk mengisi sebiah form buku tamu, maka Anda dapat menampung data dalam buku tamu tersebut dalam sebuah database. Contoh lain adalah jika Anda ingin menampilkan artikel yang dinamis dan mudah untuk di update, Anda dapat menyimpan artikel dalam sebuah database dan menampilkannya dalam halaman web.

MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengola database beserta isinya.Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database.MySQL merupakan sisitem manajemen database yang bersifat at relational. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi jauh lebih cepat.

MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar.MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database yang ada di dalamnya.Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database. 

LIHAT SELENGKAPNYA : ( KLIK ) 

KETERANGAN :
Untuk Mendownload Laporan Lengkapnya :
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.. Supaya saya bisa ENABLE downloadnya.. Makasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan e-mail atau id anda.. agar saya bisa memberika informasi kalau file downloadnya sudah di enable.. karena biasanya saya tidak online.. File downloadnya hanya berlaku 1x24 jam..

Reaksi:

8 komentar:

  1. Sorry gan boleh g download file laporan ecommrce diatas ??
    nih alamat emailq :
    ranmouri78@yahoo.com.

    makasih..:)

    ReplyDelete
  2. dimana saya download nya gan
    Riexious.13@gmail.com

    ReplyDelete
  3. saya juga gan... :)
    maulanayasinul@gmail.com

    ReplyDelete
  4. dimana saya bisa downloadnya gan
    herinurdiyanto87@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Diamana saya bisa download gan? bimasulis37@gmail.com

    ReplyDelete
  6. diaman saya bisa download gan kasih link nya ya (bimasulis37@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. gan, mau donk laporannya.. (itha_tekom@yahoo.com)

    ReplyDelete