RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK ............
Mata Pelajaran :
Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika
Kelas / Semester : XI
TKJ / 1
Alokasi Waktu : 2
kali tatap muka @ (2 jam)
Standar Kompetensi : Menguasai
Dasar Elektronika Komputer
Kompetensi Dasar : Konsep
Elektronika Digital
I.
Indikator :
1.
Digambarkan dan dijelaskan tentang kode ASCII
2.
Tiap-tiap jenis gerbang logika dasar diidentifikasi
3.
Diperagakan cara membuat table kebenaran dari tiap gerbang logika
4.
Diterangkan bagaimana cara kerja sebuah Counter
5.
Diterangkan fungsi flip-flop dan disebutkan jenis-jenisnya
6.
Diterangkan fungsi dari bus digital dan ditunjukkan bagaimana
hubungannya dengan bagian lain
7.
Disebutkan jenis-jenis display dan digambarkan bagaimana angka dan huruf
ditampilkan
8.
Ditunjukkan bagaimana “pulser” digunakan untuk pelacakan sinyal dan
bagaimana probe logika dipakai untuk menguji keadaan pada peralatan digital
II.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan cara Konversi
Bilangan dan Kode ASCII
2. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan
jenis-jenis Gerbang Logika dan tabel kebenarannya
III. Materi Pokok Pembelajaran
1. Konversi Bilangan dan Kode ASCII
2. Gerbang Logika
IV. Nilai Karakter Bangsa
1.
Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Rasa ingin tahu
5.
Kerja keras
6.
Tanggung jawab
V.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Pemberian tugas
VI.
Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal
-
Mengucapkan
salam dan berdo’a
-
Mengabsen
siswa
-
Menanyakan
kepada siswa mengenai pengetahuan dasarnya tentang materi yang akan diajarkan
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan diajarkan
2. Kegiatan inti
-
Menjelaskan
cara Konversi Bilangan dan Kode ASCII
-
Menjelaskan
jenis-jenis Gerbang Logika dan tabel
kebenarannya
-
Mengundang
siswa untuk bertanya
-
Memberikan
contoh soal dan menyuruh siswa untuk mengerjakan di
atas papan tulis
3. Kegiatan akhir
-
Menyimpulkan
materi yang telah diajarkan
-
Pemberian
tugas / PR
-
Mengucapkan
salam
VII.
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media pembelajaran
- Papan tulis
- LCD
2. Sumber pembelajaran
-
Buku-buku
yang relevan dengan materi yamg diajarkan
-
Informasi
yang diperoleh dari internet
VIII.
Penilaian
1. Sikap : rajin, aktif, disiplin, rapi
2. Kehadiran : Maksimum 100% dan Minimum 70%
3. Tanya jawab :
SOAL
1.
Konversi bilangan Desimal
berikut ke dalam bilangan Biner !
52(10) = ....................(2)
2, Sebutkan 6 jenis gerbang Logika !
JAWAB
1, 52/2 = 26 sisa 0
26/2 = 13 sisa 0
13/2 = 6 sisa 1
6/2 = 3 sisa 0
3/2 = 1 sisa 1
½
= 0 sisa 1
Jadi hasilnya =
110100 ( mulai dari bawah)
2, 1.Gerbang NOT
2.Gerbang AND
3.Gerbang OR
4.Gerbang NAND
5.Gerbang NOR
6.Gerbang XOR
(tempat/Lokasi), 26 November 2011
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Nama Ariatman
0 komentar:
Post a Comment