Saturday, April 14, 2012

RPP untuk materi ajar Memahami Teori Kelistrikan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan            : SMK ....
Mata Pelajaran                  : Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika
Kelas / Semester                : XI TKJ / 1
Alokasi Waktu                  : 2 kali tatap muka @ (2 jam)
Standar Kompetensi         : Menguasai Dasar Elektronika Komputer
Kompetensi Dasar             : Memahami Teori Kelistrikan

I.       Indikator :
1.      Struktur atom,komponen-komponen dari atom, dan muatannya, serta pentingnya atom bagi teknologi elektronika dijelaskan
2.      Dijelaskan manfaat dasar dari kelistrikan
3.      Dijelaskan dan digambarkan metode-metode dasar kelistrikan untuk menggerakkan motor dan bagaimana gerakan mekanik pada generator bias menghasilkan arus listrik
4.      Dijelaskan perbedaan antara tegangan, arus, dan resistansi
5.      Disebutkan dengan benar bahan-bahan resistif dan dijelaskan bagaimana resistor dipakai dalam bidang elektronika
6.      Ditunjukkan beberapa kegunaan kapasitor dan disebutkan beberapajenis dan konstruksinya
7.      Dijelaskan bagaimana induktansi berhubungan dengan magnetis dan digambarkan konstruksi kumparan, inti dan kegunaannya
8.      Ditunjukkan perbandingan antara reaktansi dan resistansi dan digambarkan hubungannya dengan arus/ tegangan
9.      Dibandingkan antara impedansi dengan reaktansi dan resistansi, dan dijelaskan sebab dan akibat dari impedansi
10.  Bisa disebutkan dengan benar berbagai macam sumber tegangan, AC dan DC, battery, dll.
11.  Disebutkan rumus-rumus hukum Ohm untuk arus,tegangan, resistansi, dan daya serta kegunaannya
12.  Perhitungan konsumsi daya dan persyaratannya didemonstrasikan induktansi berhubungan dengan magnetis dan digambarkan konstruksi kumparan, inti dan kegunaannya

II.    Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menerapkan Teori Dasar Kelistrikan

III.  Materi Pokok Pembelajaran
1.  Teori Dasar Listrik
2.  Sumber Tegangan

IV.     Nilai Karakter Bangsa
1.      Religius
2.      Jujur
3.      Disiplin
4.      Rasa ingin tahu
5.      Kerja keras
6.      Tanggung jawab

V.        Metode Pembelajaran
1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.    Pemberian tugas

VI.     Langkah – Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan awal
-          Mengucapkan salam dan berdo’a
-          Mengabsen siswa
-          Menanyakan kepada siswa mengenai pengetahuan dasarnya tentang materi yang akan diajarkan
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan
2.        Kegiatan inti
-          Menjelaskan Hukum Listrik
-          Menjelaskan Hukum Ohm
-          Memberikan contoh soal perhitungan yang berkaitan dengan Hukum Listrik dan Hukum Ohm
3.        Kegiatan akhir
-          Menyimpulkan materi yang telah diajarkan
-          Pemberian tugas / PR
-          Mengucapkan salam

VII.          Media dan Sumber Pembelajaran
1.        Media pembelajaran
-     Papan tulis
-      LCD
2.        Sumber pembelajaran
-          Buku-buku yang relevan dengan materi yamg diajarkan
-          Informasi yang diperoleh dari internet
VIII.       Penilaian
1. Sikap : rajin, aktif, disiplin, rapi
2. Kehadiran : Maksimum 100% dan Minimum 70%
3. Tanya jawab :
SOAL:
1.    Sebutkan dan jelaskan 4 bagian dasar dari listrik?
2.    Jika dalam suatu rangkaian computer terdapat tahanan resistor sebesar 100 ohm dan mengalir arus sebesar 2 Ampere. Berapakah daya yang diperlukan agar rangkaian tersebut bisa beroperasi secara normal ?
1.    Jawab:
a.       Tegangan adalah ukuran dari tenaga  yang dibutuhkan untuk mendorong elektron untuk mengalir dalam suatu rangkaian
b.      Arus adalah ukuran dari sejumlah  elektron yang bergerak dalam suatu rangkaian
c.       Tenaga adalah ukuran dari tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong elektron mengalir pada rangkaian yang disebut dengan tegangan
d.      Resistatan adalah hambatan arus yang mengalir dalam suatu rangkaian, yang diukur delam OHM
2.      Jawab :
Dik:           R= 100 ohm
I = 2 A
Dit:            P = …..????
Jadi:           V= I . R
V=  2 * 100 = 200 V
                  P = V . I
                  P= 200 * 2 = 400 watt

                                                                                              (tempat/lokasi), 17 September 2011

Guru Pamong                                                                          Mahasiswa PPL



Nama                                                                                     Ariatman
NIP.                                                                                        NIM. 082 504 043

Tag : contoh rpp

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment