Tuesday, April 10, 2012

Materi Transformator


Transformator

 

Transformator atau transformer atau trafo adalah komponen elektromagnet yang dapat mengubah taraf suatu tegangan AC ke taraf yang lain.
Transformator (trafo) adalah alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik (AC). Transformator terdiri dari 3 komponen pokok yaitu: kumparan pertama (primer) yang bertindak sebagai input, kumparan kedua (skunder) yang bertindak sebagai output, dan inti besi yang berfungsi untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan.
Transformator/ Transformer / Trafo adalah suatu peralatan listrik yang termasuk dalam klasifikasi mesin listrik statis dan berfungsi untuk menyalurkan tenaga/daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya, dengan frekuensi sama. Dalam pengoperasiannya, transformator-transformator tenaga pada umumnya ditanahkan pada titik netral, sesuai dengan kebutuhan untuk sistem pengamanan atau proteksi. Sebagai contoh transformator 150/70 kV ditanahkan secara langsung di sisi netral 150 kV, dan transformator 70/20 kV ditanahkan dengan tahanan di sisi netral 20 kV nya. Transformator yang telah diproduksi terlebih dahulu melalui pengujian sesuai standar yang telah ditetapkan.

Dasar dari teori transformator adalah sebagai berikut :
“Apabila ada arus listrik bolak-balik yang mengalir mengelilingi suatu inti besi maka inti besi itu akan berubah menjadi magnit dan apabila magnit tersebut dikelilingi oleh suatu belitan maka pada kedua ujung belitan tersebut akan terjadi beda tegangan mengelilingi magnit, sehingga akan timbul gaya gerak listrik (GGL)”.



KETERANGAN :
Untuk Mendownload Modulnya :
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.. Supaya saya bisa ENABLE downloadnya.. Makasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan e-mail atau id anda.. agar saya bisa memberika informasi kalau file downloadnya sudah di enable.. karena biasanya saya tidak online.. File downloadnya hanya berlaku 1x24 jam..


Reaksi:

6 komentar:

  1. mau download ne
    ada materi rele differensial gak??

    ReplyDelete
  2. Boleh minta alamat download modulnya?? :)
    antog.noid@gmail.com
    priyananto87.blogspot.com
    Terima Kasih..

    ReplyDelete
  3. tengkyu sangat
    very very membantu

    ReplyDelete