Tuesday, June 19, 2012

Tips / Trik membeli laptop

     Membeli laptop Bukanlah sesuatu hal yang mudah. Seperti halnya dengan membeli Makanan ( jelas lah..hehehe)..  Karena membeli laptop diperlukan ketelitian dan analisa agar anda tidak tertipu dengan tipu daya para dealer-dealer laptop yang memberikan janji-janji palsu dan bonus-bonus murahan yang hanya membuat anda sampai tergiur..

    Seperti yang pernah saya alami. saya sudah 2 kali membeli laptop, dan semuanya itu pasti bermasalah. Dan saya tau masalah-masalah itu ketika sudah sampai di rumah. Saat kembali ke tempat dealer tersebut katanya salah saya tuh.. Beginilah kalau membeli latop tanpa dilandasi dengan ilmu, ketelitian, dan analisa.

Dari pada lama betele-tele, kita langsung saja bahas Tips/ trik sederhana dalam membeli laptop untuk yang masih newbe / pemula :

  • Kamu sudah harus tau laptop merek apa yang harus kalian beli, kalau perlu tanya sama teman-teman kalian yang udah punya laptop. Dan pastikan dia sudah lama menggunakannya tanpa banyak masalah pada laptopnya.
  • Pastikan kamu membeli pada toko-toko besar yang sudah terkenal, biasanya kalian bisa mendapatkan harga yang sedikit murah jika dibandingkan dengan toko-toko kecil. Tapi ingat jangan tegiur dengan harga juga y..
  • Pilih Specifikasi processor yang bagus berdasarkan keinginanmu misalkan cuman mau dipake mengetik, mau pake game berat, mau dipake intenet.. Cari saja di om google tingkatan-tingkatan posessor tersebut berdasarkan keinginanmu. Terus saya lupa kasi tau, Processor itu ada 2 perusahaan yang berbeda yaitu INTEL dan AMD
    Menurut teman-teman sih Prosessor yang bagus itu adalah INTEL.. Tapi  saya sih pilih sembarang aja.. Mau processor INTEL atau AMD.. yang penting kamu liat specifikasinya. Semakin tinggi tingkatannya semakin bagus dan semakin mahal pula.
  • Kalian akan disuruh memilih, mau yang kosong atau yang sudah ada.. Maksudnya itu adalah anda sendiri yang akan menginstal laptop itu (kosong) atau Mau yang sudah terinstal. Kalau misalkan anda memilih yang sudah terinstal, lihat windows yang dipake pada laptop tersebut, apakah windows is actived atau tidak ( ada jangka waktunya ).. Kalau tidak aktif suruh instal ulang atau pilih aja yang kosong dan instal sendiri.
    Untuk mengecek : klik menu windows>klik kanan pada Komputer>pilih proporties

  •  Jangan lupa juga liat partisi laptopnya : Jangan sampai hanya 1 yaitu "Local disk C".. Usahakan sampai 2 atau 3 patisi.. "Local disk C" untuk file/aplikasi yang sudah terinstal dan yang lainnya untuk menympan data-data anda.

  • Test semua perangkat-perangkat laptop yang akan anda belli itu. misalkan Cas Laptopnya, batterainya, USB, dll.. Jangan sampai ada yang tidak berfungsi..
  • Minta garansi beserta driver laptop anda. Biasanya ada dealer-dealer tertentu yang tidak memberikan kalau tidak diminta.
  • yang terakhir jangan lupa minta alamat beserta no telponnya.. siapa tau laptop anda bermasalah kan bisa konsultasi selama masa garansinya berlaku.
Saya kira itu saja dari saya, kalau ada yang kurang mohon ditambahkan..siapa tau teman-teman punya pengalaman lain.. Karena ini hanya berdasarkan pengalaman saya sendiri..
Reaksi:

2 komentar:

  1. Menarik juga untuk dsimak..nice share..

    ReplyDelete
  2. aku sudah follow blog sobat jangan lupa follback http://reformasibaru.blogspot.com

    ReplyDelete