All-Published

Tuesday, April 10, 2012

ARUS LISTRIK DAN PENGHANTAR

1.       Muatan Listrik
Ada dua jenis muatan listrik yaitu muatan positif dan negatif. Dengan menggosokkan sisir dengan kain maka muatan negatif dihasilkan pada sisir dan muatan positif pada kain.

2.       Teori Atom
Bagian yang sangat kecil dari suatu benda (baik padat, cair maupun gas) dan masih memiliki sifat benda tersebut disebut molekul. Tiap molekul terdiri dari beberapa atom sejenis yang disebut unsur dan bila atomnya berbeda disebut senyawa.
Sebuah atom terdiri dari :
1.       Inti yang disebut nukleus. Inti atom mempunyai dua jenis partikel yaitu proton yang bermuatan listrik positif dan netron yang tidak bermuatan listrik. Masa proton hampir sama dengan massa netron.
2.       Di sekitar inti atom terdapat partikel yang selalui bergerak mengilingi inti atom dengan lintasan berbentuk elips yang disebut elektron. Elektron bermuatan listrik negatif. Masa elektron dapat diabaikan karena massanya mendekati 1/1840 massa proton.
Beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang struktur atom:
Massa proton adalah 1,66 x 10-27 kg dan massa elektron   9,1 x 10-31 kg dan muatan elektron 1,602 x 10-19coulomb.
Elektron bergerak pada lintasan tertentu, membentuk kulit atom K, L, M, N dan seterusnya yang diberi nomor n = 1,2,3,4 dan seterusnya. Jumlah elektron maksimal untuk tiap lintasan dinyatakan dalam 2n2.
Gaya sentripetal menyebabkan elektron tetap bergerak pada lintasannya. Elektron pada kulit terluar yang disebut elektron valensi mendapat gaya yang paling lemah. Pada logam, elektron valensi ini bebas bergerak dan membentuk lautan elektron. Elektron yang bergerak bebas inilah yang bersifat menghantarkan arus listrik.

LIHAT SELENGKAPNYA ( KLIK DI SINI ) 

KETERANGAN :

Untuk Mendownload Modulnya :
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.. Supaya saya bisa ENABLE downloadnya.. 
Makasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan e-mail atau id anda.. 
agar saya bisa memberika informasi kalau file downloadnya sudah di enable.. 
karena biasanya saya tidak online.. File downloadnya hanya berlaku 1x24 jam..

2 komentar:

  1. silahkan download.. saya sudah enable downloadnya di scribd..ok

    ReplyDelete